Tupoksi

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016
  • Dibaca: 2629 Pengunjung

 URAIAN TUGAS

POKOK DAN FUNGSI

 

1. URAIAN TUGAS CAMAT

a. Menyusun rencana kegiatan Pemerintahan Kecamatan Seririt berdasarkan data program Pemerintah Kecamatan serta 

    ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja .

b. Membagi tugas denganmemberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahan agar pelaksanaan tugas dapat

    dilaksanakan dengan baik .

c. Memberikan petunjuk kepada bawahan dengan cara memcocokan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang

    berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja

d. Menilai Prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir

e. Menyelenggarakan Pemerintahan Umum dan Keagrarian

f. Pembinaan ketentraman dan ketertiban, perlindungan masyarakat dan pembinaan pelayanan Umum

g. Melaksanakan pembinaan terhadap Pemerintahan Desa/Kelurahan, Pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan

    di Kecamatan

h. Mengkoordinasikan kegiatan seluruh UPTD yang ada di Kecamatan

i. Membuat laporan kegiatan Pemerintahan Kecamatan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan

2. URAIAN TUGAS SEKRETARIS CAMAT

a. Menyusun rencana kegiatan sekretariat Kecamatan berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan

    Perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja

b. Membagi tugas kepada bawahan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar tugas dapat

    terlaksanakan dengan baik

c. Memberikan petunjuk kepada bawahan denagn cara mencocokan dengan petunjuk kerja yang memberikan dengan ketentuan

    yang berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja

d. Menilai Prestasi kerja bawahan berdasarka hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir

e. Menyusun rencana pengendalian dan mengevaluasi pelaksanaankegitan Kecamatan

f. Melaksanakan urusan administrasi keuangan

g. Melaksanakan urusan tata usaha administrasi kepegawaian, perlengkapan dan rumah tangga serta organisasi dan tata

    laksana

h. Melaksanakan koordinasi terhadap pelayanan teknis yang dilakukan terhadap parangkat Pemerintahan ke Desa dan

    Kelurahan

i. Mengevaluasi hasil kegiatan Sekretariat Kecamatan secara keseluruhan

j. Membuat laporan kegiatan Sekretariat Kecamatan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan

k. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

3. URAIAN TUGAS SUB-BAGIAN UMUM

a. Melaksanakan urusan administrasi surat masuk dan keluar dalam lingkup sekretariat Kecamatan

b. Melaksanakan urusan tata usaha administrasi kearsipan daa perpustakaan

c. Melaksanakan urusan tata usaha perlengkapan dan rumah tangga dalam linkup Sekretariat Kecamatan

d. Membuat laporan kegiatan Sub-Bagian Umum

e. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

4. URAIN TUGAS SUB-BAGIAN KEPEGAWAIAN

a. Melaksanakan urusan administrasi usulan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, cuti pegawai, pengusulan diklat pegawai, absensi pegawai, dan pengusulan pensiun pegawai di dalam lingkup Sekretariat Kecamatan

b. Membuat dan memperbaharui buku daftar nama pegawai dan papan nama pegawai di dalam lingkup Sekretariat

c. Melaksanakan sistem kearsipan Kepegawaian

d. Membuat lopran Sub-Bagian Kepegawaian

e. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

5. URAIAN TUGAS SUB-BAGIAN KEUANGAN

a. Membuat rencana anggaran dan dokumen pelaksanaan anggaran di lingkup Sekretariat Kecamatan

b. Melaksanakan tugas administrasi keuangan di lingkup Sekretariat Kecamatan dan tata kearsipan keuangan

c. Membuat laporan keuangan bulanan, triulanan dan akhir tahun

d. Menyiapkan dan membuat bahan-bahan untuk laporan akuntabilitas kinerja dan laporan keterangan pertanggungjawaban

    Bupati

e. Membuat laporan kegiatan Sub-Bagian keuangan

f. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang di berikan oleh atasan


6. URAIAN TUGAS SEKSI PEMERINTAHAN

a. Menyusun rencana seksi pemerintahan berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan perundang-

    undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja

b. Membagi tugas kepada bawahan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar

    melaksanakan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas

c. Memberikan petunjuk kepada bawahan dengan cara mencocokan dangan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang

    berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja

d. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir

e. Melaksanakan pembinaan penyelenggaraan Pemerintahan Umum serta pembinaan keagrarian

f. Melaksanakan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa / kelurahan

g. Melaksanakan pembinaan administrasi kependudukan dan catatan sipil

h. Melaksanakan pembinaan kegiatan pemilu, idiologi Negara da Kesatuan Bangsa

i. Mengevaluasi kegiatan Seksi Pemerintahan secara keseluruhan

j. Membuat laporan kegiatan Seksi Pemerintahan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan

k. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

7. URAIAN TUGAS SEKSI PEMBANGUNAN

a. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pembangunanberdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan yang

    Perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja

b. Membagi tugas kepada bawahan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar

    melaksanakan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas/baik

c. Memberikan petunjuk kepada bawahan dengan cara memcocokan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang

    berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja

d. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir

e. Menyelenggarakan pembinaan perekonomian masyarakat desa/kelurahan, produksi dan ditribusi

f. Menyelenggarakan pembinaan lingkungan hidup

g. Mengevaluasi kegiatan Seksi Pembangunan secara keseluruhan

h. Membuat laporan kegiatan Seksi Pembangunan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan

i. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

8. URAIN TUGAS SEKSI SOSIAL BUDAYA

a. Menyusun rencana kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan

    Perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja

b. Membagi tugas kepada bawahan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar

    melaksanakan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas

c. Memberikan petunjuk kepada bawahan dengan cara mencocokan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang

    berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja

d. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir

e. Menyelenggarakan pembinaan pelayanan dan bantuan sosial

f. Menyelenggarakan pembinaan kehidupan keagamaan, pendidikan, olah raga kebudayaan, periwisata dan kesehatan masyarakat serta pemberdayaan perempuan

g. Mengevaluasi kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial secara keseluruhan

h. Membuat laporan kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan

i. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

9. URAIAN TUGAS SEKSI LINMAS DAN TRANTIB

a. Menyusun rencana kegiatan Seksi Linmas dan Trantib berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan

    Perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja

b. Membagi tugas kepada bawahan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar

    melaksanakan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas

c. Memberikan petunjuk kepada bawahan dengan cara mencocokan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang

    berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja

d. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir

e. Menyelenggarakan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, dan kesiapsiagaan bencana alam

f. Menyelenggarakan pembinaan Polisi Pamong Praja

g. Mengevaluasi kegiatan Seksi Linmas dan Trantib secara keseluruhan

h. Membuat laporan kegiatan Seksi Linmas dan Trantib sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan

i. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

10. URAIAN TUGAS SEKSI PELAYANAN UMUM

a. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pelayanan Umum berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan

    Perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja

b. Membagi tugas kepada bawahan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar

    melaksanakan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas

c. Memberikan petunjuk kepada bawahan dengan cara mencocokan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang

    berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja

d. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir

e. Menyelenggarakan pembinaan Pelayanan, kekayaan dan inventarisasi desa/kelurahan

f. Menyelenggarakan pembinaan pelayanan Kebersihan, keindahan,pertamanan dan sanitasi Lingkungan

g. Mmenyelenggarakan pembinaan perijinan, sarana dan prasarana fisik Pelayanan Umum

h. Mengevaluasi kegiatan Seksi Linmas dan Trantib secara keseluruhan

i.  Membuat laporan kegiatan Seksi Linmas dan Trantib sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan

j.  Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

 

 

 

CAMAT SERIRIT

 

 

  I Nyoman Riang Pustaka,S.IP

PEMBINA

Nip,19750218 199311 1 001
 

 

 

 

 

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI PETUGAS PENYIMPAN,PENGURUS,PEMBANTU BARANG CAMAT SERIRIT

 

 

    URAIAN TUGAS PETUGAS PENYIMPAN BARANG


 

    Menerima, menyimpan dan menyalurkan Barang Milik Daerah

    Meneliti dan menghimpun dokumen pengadaan barang yang diterima

    Meneliti jumlah dan kwalitas barang yang diterima sesuai dengan dokumen pengadaan

    Mencatat Barang Milik Daerah yang diterima ke dalam buku/ Kartu Barang

    Mengamankan Barang Milik Daerah yang ada dalam persediaan

    Membuat laporan penerimaan, penyaluran dan Stock/ persediaan Barang Milik Daerah kepada pengguna barang

    Menghimpun seluruh tanda bukti penerimaan dan pengeluaran/penyerahan barang secara tertib dan teratur


 

    URAIAN TUGAS PENGURUS BARANG

    Mencatat seluruh Barang Milik Daerah yang berada di masing-masing SKPD yang berasal dari APBD maupun perolehan lain yang sah ke dalam KARTU INVENTARIS BARANG (KIB),KARTU INVENTARIS RUANGAN (KIR), BUKU INVENTARIS (BI) dan BUKU INDUK INVENTARIS (BII) sesuai Kodefikasi dan penggolongan Barang Milik Daerah

    Melakukan pencatatan Barang Milik Daerah yang dipelihara/diperbaiki ke dalam Kartu Pemeliharaan

    Menyiapkan Laporan Barang Pengguna Semesteran (LBPS) dan Laporan Barang Pengguna Tahunan (LBPT) serta laporan Inventaris 5 (lima) Tahunan yang berada di SKPD kepada Pengelola melalui Pembantu Pengelola Barang Milik Daerah

    Menyiapkan usulan Penghapusan Barang Milik Daerah yang rusak atau tidak dipergunakan lagi


 

    URAIAN TUGAS PEMBANTU PETUGAS PENYIMPAN DAN PEMBANTU PENGURUS PENGURUS BARANG

    Melakukan pencatatan Barang Milik Daerah (BMD) ke dalam daftar barang pengguna dan dapat kuasa pengguna sesuai dengan penggolongan dan Kodefikasi Inventaris Barang Milik Daerah

    Melakukan pencatatan barang yang dipelihara/diperbaiki ke dalam Kartu Inventaris Barang (KIB)

    Mengamankan barang yang ada di masing-masing unit kerja

    Membuat laporan mutasi barang merupakan pencatatan barang bertambah dan/atau berkurang untuk dilaporkan Pengelola

    Melaporkan keadaan Barang Milik Daerah (BMD) dan usulan penghapusan Barang Milik Daerah (BMD) yang rusak atau tidak dipergunakan lagi yang menjadi tanggung jawab masing-masing unit kerja

 

 

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI PERSONALIA PENGELOLA KEUANGAN CAMAT SERIRIT

 

 

    URAIAN TUGAS PENATA USAHA KEUANGAN

    Mengkoordinasikan laporan-laporan dan seluruh proses pengelolaan keuangan baik internal maupun eksternal

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung


 

    PETUGAS PERBENDAHARAAN

    Menerima,meregister,dan memeriksa kelengkapan SPP yang diajukan oleh bendahara

    Menyiapkan, membuat, mencatat/meregister dan/atau menyimpan dokumen atas proses yang berkaitan dengan penerbitan

    SPM dan SP2D

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung


 

    PEMBANTU ADMINISTRASI PERBENDAHARAAN

    Membantu seluruh proses yang dilaksanakan oleh petugas perbendaharaan

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung


 

    PETUGAS PEMBUKUAN DAN PELAPORAN

    Menyiapkan dan membuat Register SP2D

    Menyiapkan dan melakukan pembukuan dan diawali dengan tindakan penjurnalan

    membuat laporan keuangan meliputi :

    laporan realisasi anggaran

    Laporan Triwulan

    Laporan Semester

    Laporan Akhir Tahun

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberika oleh atasan langsung


 

    PETUGAS ADMINISTRASI PERBENDAHARAAN

    Membantu seluruh proses yang dilaksanakan oleh petugas Perbendaharaan

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberika oleh atasan langsung


 


 

    PETUGAS VERIFIKASI

    Memverifikasi semua dokumen berkenaan dengan proses Penatausahaan Keuangan baik pada tingkat perencanaan, 

    pelaksanaan, maupun pengawasan/pengendalian dan/atau pelaporan seperti meliputi : SPP, SPM, SPJ dan laporan-laporan

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberika oleh atasan langsung


 

    PEMBANTU PETUGAS VERIFIKASI

    Membantu seluruh proses administrasi Verifikasi termasuk di dalamnya tugas menyajikan register penerimaan, pengesahan,

    dan penolakan SPJ

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberika oleh atasan langsung


 

    PEMBANTU PETUGAS ADMINISTRASI PEMBUKUAN DAN PELAPORAN

    Membantu seluruh proses administrasi Pembukuan dan Pelaporan

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberika oleh atasan langsung


 

    BENDAHARA PENGELUARAN

    Menerima, mencatat, menyimpan, dan melakukan pembayaran transaksi melalui uang dalam pengelolaannya

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberika oleh atasan langsung


 

    PEMBANTU BENDAHARA PENGELUARAN URUSAN GAJI

    Membantu bendara pengeluaran dalam proses penyiapan dan pencairan meliputi :

    Gaji Pegawai Negeri Sipil

    Upah Tenaga Harian Tetap

    Tunjangan-tunjangan serta Uang lembur lainnya

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberika oleh atasan langsung


 

    PEMBANTU BENDAHARA PENGELUARAN URUSAN SPJ

    Membantu bendahara pengeluaran menyiapkan laporan pertanggung jawaban dan/atau laporan lainnya, termasuk di dalamnya

    meliputi penyiapan, pembuatan, penyimpanan dokumen pertanggung jawaban (SPJ)

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberika oleh atasan langsung


 

    PEMBANTU BENDAHARA PENGELUARAN URUSAN DOKUMEN

    Membantu Bendahara Pengeluaran menyiapkan, membuat, mencatat, meregister dan/atau menyimpan seluruh dokumen yang

    berkaitan dengan pengajuan SPP

    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberika oleh atasan langsung

Share Post :