TUPOKSI KECAMATAN

  • Admin Seririt
  • 04 November 2020

RINCIAN TUGAS DAN FUNGSI KECAMATAN SERIRIT
( Peraturan Bupati Buleleng  Nomor 77 Tahun 2016)

 

  1. TUGAS :

      Kecamatan mempunyai tugas koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan

 

  1. FUNGSI :

 

 

URAIAN TUGAS

  1. CAMAT

       Camat mempunyai tugas dan fungsi :

  1. menyusun rencana kegiatan dan merumuskan kebijakan opersional Kecamatan berdasarkan kebijakab yang ditetapkan oleh Bupati serta sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. mengevaluasi dan menilai prestasi kerja bawahan;
  4. merumuskan den mengkoordinasikan penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum;
  5. merumuskan dan mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  6. merumuskan dan mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  7. merumuskan dan mengkoordinasikan penerarapan dan penegakan Perda dan Peraturan Bupati
  8. merumuskan dan mengkoordinasikan pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum;
  9. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan sosial budaya
  10. merumuskan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di tingkat Kecamatan;
  11. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Desa dan/atau Kelurahan;
  12. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintahan Daerah yang ada di kecamatan;
  13. melaksanakan tugas yang dilimpahkan oleh Bupati untuk melaksanakan sebagian urusan yang menjadi kewenangan Daerah Kabupaten;
  14. mengkoordinasikan dan melaksanakan pengendalian, pengawasan, monitoring dan evaluasi seluruh pelaksanaan kegiatan Kecamatan, Desa dan Kelurahan;
  15. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pengelolaan keuangan, ketatausahaan asset/barang milik daerah/pemerintah di lingkungan Kecamatan;
  16. merumuskan penyusunan Rencana Strategik (RENSTRA), Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Survei Kepuasaan Masyarakat (SKM) di lingkungan Kecamatan;
  17. merumuskan penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT), Perjanjian Kerja dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) di lingkungan Kecamatan;
  18. mengkoordinasikan pelaksanaan reformasi birokrasi dan system pengawasan internal pemerintah (SPIP) diu lingkungan Kecamatan;
  19. merumuskan dan mengkoordinasikan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) di lingkungan Kecamatan;
  20. merumuskan dan m,engkoordinasikan penyusunan Analisis Jabatan (ANJAB) dan Analisis Beban Kerja (ABK) di lingkungan Kecamatan;
  21. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan, dan;
  22. melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;

 

  1. SEKRETARIAT

       Sekretariat mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Sekretariat, berdasarkan data dan program Kecamatan dan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. Mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;
  4. Memfasilitasi dan memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Kecamatan;
  5. Memfasilitasi dan melaksanakan urusan surat menyurat, tata usaha, keuangan, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, keprotokolan, dokumentasi, kearsipan, dan perpustakaan;
  6. Memfasilitasi pelaksanaan pembinaan organisasi, tata laksana dan kepegawaian di lingkungan Kecamatan;
  7. Memfasilitasi dan melaksanakan koordinasi pelaksanaan inventarisasi, penatausahaan dan pengelolaan asset/barang milik pemerintah di lingkungan Kecamatan;
  8. Memfasilitasi dan melaksanakan koordinasi penyusunan rencana kerja, pembuatan laporan kegiatan dan pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan Kecamatan;
  9. Memfasilitasi dan melaksanakan koordinasi penyusunan rencana anggaran Kecamatan dan Kelurahan;
  10. Memfasilitasi dan melaksanakan koordinasi penyusunan Rencana Strategik (RENSTRA), Indikator Kinerja Utama (IKU), dan Survei Ke[uasaan Masyarakat (SKm) Kecamatan;
  11. Memfasilitasi dan melaksanakan koordinasi penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT), Perjanjian Kerja (PK), dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kecamatan;
  12. Memfasilitasi dan melaksanakan koordinasi penyusunan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Kecamatan;
  13. Memfasilitasi dan melaksanakan koordinasi penyusunan Analisi Jabatan (ANJAB) dan Analisi Beban Kerja (ABK) Kecamatan;
  14. Memfasilitasi dan melaksanakan koordinasi dan melaporkan pelaksanaan reformasi birokrasi (RB) dan system pengawasan internal (SPIP) di lingkungan Kecamatan;
  15. Melaksanakan pengelolaan datan dan informasi
  16. Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  17. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan;

 

   2.1   SUB BAGIAN PERENCANAAN

           Sub Bagian Perencanaan mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Prencanaan berdasarkan data dan program Sekretariat serta nketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. Mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;
  4. Menghimpun dan melaksanakan penyusunan Rencana Strategik (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA) Kecamatan meliputi pembuatan RKA dan DPA;
  5. Menghimpun dan melaksanakan penyusunan rencana kerja Kecamatan;
  6. Melaksanakan penyusunan dokumen evaluasi dan monitoring serta membuat laporan pelaksanaan kegiatan Kecamatan;
  7. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi;
  8. Melaksanakan penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU), Perjanjian Kerja (PK), Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kecamatan;
  9. Melaksanakan dan menyusun laporan Suvei Kepuasan Masyarakat (SKM);
  10. Melaksanakan Penyusunan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Kecamatan;
  11. Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan, dan;
  12. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan;

 

   2.2   SUB BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN

           Sub Bagian Umum dan Keuangan mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Keuangan, berdasarkan data dan program Sekretariat serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. Mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;
  4. Memberikan pelayanan administrasi meliputi urusan surat menyurat, tata usaha, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, keprotokolan, dokumentasi, kearsipan dan perpustakaan kepada seluruh unit di lingkungan Kecamatan;
  5. Melaksanakan pengelolaan dan penatausahaan barang milik pemerintah di lingkungan Kecamatan;
  6. Menyiapkan bahan pembinaan organisasi, tata laksana, dan kepegawaian di lingkungan Kecamatan dan Kelurhan;
  7. Melaksanakan administrasi kepegawaian yang meliputi : penyusunan daftar urut kepangkatan, formasi, bazetting pegawai, menyusun data pegawai, penyusulan kenaikan pangkat, gaji berkala, cuti dan pensiun;
  8. Menyusun rencana kebutuhan, pengembangan dan kesejahteraan pegawai;
  9. Menyusun dan melaksanakan Analisa Jabatan (ANJAB) dan Analisa Beban Kerja (ABK) di lingkungan Kecamatan;
  10. Melaksanakan dan melaporkan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Pengawasan Internal Pemerintahan (SPIP) di lingkungan Kecamatan;
  11. Menerima, menyimpan, mengeluarkan dan membuat laporan pertanggungjawaban keuangan Kecamatan;
  12. Menyiapkan bahan, menyusun serta melaksanakan pencatatan pembukuan, verifikasi serta perbendaharaan;
  13. Melaksanakan pengurusan administrasi keuangan yang meliputi : Penerbitan, menliti kelengkapan dan menyiapkan Surat Penyedia Dana (SPD), Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM);
  14. Melaksanakan pembayaran gaji, tunjangan dan kesejahteraan pegawai sesuai peraturan perundang-undangan;
  15. Melaporkan keadaan kas kepada atasan setiap bulan dan sewaktu- waktu sesuai kebutuhan/keadaan;
  16. Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  17. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan;

 

  1. SEKSI PEMERINTAHAN

     Seksi Pemerintahan, mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pemerintahan, berdasarkan data dan program Kecamatan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. Mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;
  4. Melaksanakan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum serta pembinaan keagrariaan;
  5. Melaksanakan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan dan keuangan Desa/Kelurahan;
  6. Melaksanakan pembinaan administrasi tata pemerintahan Desa, kependudukan dan pencatatan sipil;
  7. Melaksanakan pengembangan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila (kegiatan pemilu, idiologi negara dan kesatuan bangsa);
  8. Melaksanakan pembinaan, pelayanan dan inventarisasi pendayagunaan aset Desa/Kelurahan;
  9. Melaksanakan fasilitasi penataan, pemanfaatan dan pendayagunaan ruang Desa serta penetapan dan penegasan batas Desa;
  10. Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  11. Melaksankan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan; 

 

  1. SEKSI PEMBANGUNAN

       Seksi Pembangunan, mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pembangunan, berdasarkan data dan program Kecamatan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. Mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;
  4. Melaksanakan pembinaan pelaksanaan pembangunan yang meliputi perekonomian masyarakat Desa/Kelurahan, produksi dan distribusi;
  5. Melaksanakan penyusunan Profil Kecamatan, Desa/Kelurahan;
  6. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan perempuan di masyarakat;
  7. Melaksanakan pendataan swadaya murni masyarakat proyek masuk Desa/Kelurahan;
  8. Melaksanakan fasilitasi sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah dengan pembangunan Desa/Kelurahan (Musrenbang Desa/Kelurahan);
  9. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan pembangunan kawasan perdesaan di wilayah Kecamatan;
  10. Melaksanakan fasilitasi penyusunan perencanaan partisipatif (penyusunan RKP Desa);
  11. Melaksanakan koordinasi pendampingan Desa/Kelurahan (Lomba Desa/Kelurahan);
  12. Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan, dan;
  13. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan;

 

  1. SEKSI KETENTRAMAN, KETERTIBAN DAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

      Seksi Ketentraman, Ketertiban Dan Satuan Polisi Pamong Praja mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Ketentraman, Ketertiban Dan Satuan Polisi Pamong Praja, berdasarkan data dan program Kecamatan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. Mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;
  4. Melaksanakan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum serta Perlindungan Masyarakat (Linmas);
  5. Melaksanakan pembinaan Polisi Pamong Praja;
  6. Melaksanakan penertiban/pengawasan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati;
  7. Melaksanakan koordinasi penanggulangan bencana alam;
  8. Melaksanakan koordinasi/sinergi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Tentara Nasional Indonesia dan instansi vertikal di wilayah Kecamatan;
  9. Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan, dan;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan;

  

  1. SEKSI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU

       Seksi Pelayanan Administrasi Terpadu mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pelayanan Administrasi Terpadu, berdasarkan data dan program Kecamatan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. Mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;
  4. Melaksanakan pembinaan pelayana kebersihan, keindahan, pertamanan dan sanitasi lingkungan;
  5. Melaksankan pembinaan perizinan dan nonperizinan, sarana dan prasarana fisik pelayanan umum;
  6. Melaksanakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan;
  7. Melaksanakan percepatan Standar pelayanan minimal di wilayah Kecamatan;
  8. Melaksanakan koordinasi pelayanan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan;
  9. Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan, dan;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan;

 

  1. SEKSI SOSIAL DAN BUDAYA

       Seksi Sosial Dan Budaya mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Sosial Dan Budaya, berdasarkan data dan program Kecamatan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. Mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;
  4. Melaksanakan pembinaan pelayanan bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS);
  5. Melaksanakan pembinaan kehidupan keagamaan, pendidikan, kepemudaan dan olah raga, kesenian, pariwisata dan kesehatan masyarakat;
  6. Melaksanakan kegiatan pelestarian adat dan budaya;
  7. Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan, dan;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan;

 

  1. KELURAHAN

       Kelurahan mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Kelurahan, berdasarkan data dan program Kecamatan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. Mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;
  4. Melaksanakan kegiatan pemerintah kelurahan;
  5. Melaksanakan pemberdayaan masyarakat;
  6. Melaksanakan pelayanan masyarakat;
  7. Memelihara ketentraman dan ketertiban umum;
  8. Memelihara sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan umum;
  9. Mengevaluasi dan melaporkan pelaksnaan tugasnya kepada atasan, dan;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh camat sesaui dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
Share Post :