(0362) 92301
092301
seririt@bulelengkab.go.id
Kecamatan Seririt

Verifikasi Lapangan Tsunami Ready UNESCO-IOC

Admin seririt | 25 April 2024 | 504 kali

Kabupaten Buleleng dalam hal ini Desa Pengastulan Kecamatan Seririt menjadi tuan rumah kegiatan Verifikasi Lapangan Tsunami Ready Community oleh UNESCO-IOC dan Komite Nasional Kesiapsiagaan Tsunami pada Kamis (25/04/2024) dan Jumat (26/04/2024) di Kantor Desa Pengastulan.

Desa Pengastulan menjadi desa pertama di Buleleng yang mengupayakan indikator tsunami ready, serta pentingnya adanya sosialisasi terhadap bencana. Tujuan utama dari Verifikasi Lapangan ini agar masyarakatnya mencapai kesiapsiagaan, siap dan tanggap terhadap Tsunami. Sertifikat Pengakuan (Certificate for Recognition) Tsunami Ready Community dari Intergovernmental Oceanographic Commission of UNESCO (IOC-UNESCO). 

Tim mengharapkan terkait adanya penyebaran literasi kebencanaan yang lebih luas. “Setelah verifikasi ini selesai, harapan kami dan BMKG, masyarakat yang sudah teredukasi, sudah terupdate info-info bencana bisa disebarkan ke seluruh warga yang ada, menyebar keseluruh lingkungan di Desa.

Nampak hadir pada acara tersebut Kepala Stasiun Geofisika Denpasar, Arief Tyastama, S.Si, M.Si. Verifikator Tsunami Ready, Dr.rer.nat Wiwin Windupranata, M.Si. dan Kalaksa BPBD Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi, S.STP. M.A.P. dalam kegiatan Verifikasi dan diskusi terkait indikator Assement/penilaian oleh masyarakat, BMKG dan UNESCO-IOC dan Verifikasi dan diskusi terkait indikator Preparedness/kesiapsiagaan.